Saya dan Kata

Standard

wordsBuat saya, kata itu bukan sekadar rangkaian huruf yang menyatu. Setiap kata menyimpan kekuatan karena itu saya menghargai setiap eksistensinya.

Itu mengapa buat saya, mengedit tulisan adalah pekerjaan yang emosional. Editor adalah seorang pemenggal kata. Tingkat kesadisannya diukur bagaimana si algojo menebas kata demi memasukkannya dalam ruang kata yang tersedia. Kadang ada editor yang memandang bengis bagian akhir dari tulisan. Bagi editor jenis ini, kata-kata di ekor tulisan sah-sah saja dipenggal demi memenuhi standar karakter. Padahal ada juga tulisan yang meletakkan jiwa pada kata terakhir di kalimat penutup.

Lalu ada juga algojo kata yang merasa lebih aman memenggal anak kalimat. Padahal anak kalimat bisa menjadi mendeskripsikan jiwa dari tulisan. Dan ada lagi algojo kata yang suka menyunat kata-kata dalam kutipan langsung demi ekonomi kata. Hah padahal di dalamnya ada rasa kata yang terjulur dari lidah pengucap kata.

Menjadi algojo memang butuh mental baja. Kadang butuh penutup mata agar kata-kata yang dipenggal tidak berubah menjadi mimpi buruk. Algojo juga kadang butuh penutup wajah, agar ketika orang berhadapan dengannya tak perlu membayangkan aksinya ketika memenggal sadis kata-kata.

Tapi yang pasti algojo kata butuh menjadi orang yang serba tega. Karena memenggal kata adalah pekerjaan yang mencabut nyawa dalam kata. Sedangkan tulisan adalah kumpulan kata bernyawa yang menghidupkan imajinasi liar setiap pembaca. Jadi menjadi editor butuh nyali dan kestabilan jiwa tingkat tinggi, kalau tidak mau jadi sekadar pembunuh kata berdarah dingin.

 

Foto: dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s