Happy Sweet 70th Among Ganteng

Standard
selamat ultah bapak

Selamat Merayakan Hidup Among Ganteng 😀

This post is dedicated to one and only Marison Siagian or Bapak.

Saat sadar tahun ini Bapak ulang tahun yang ke-70 tahun, saya senang luar biasa. Senang karena berarti Bapak sudah 70 kali merayakan ulang tahun, satu rutinitas perayaan yang luar biasa. Perayaan ini menujukkan betapa Tuhan sudah begitu baik memberikan banyak berkat hingga Bapak bisa sampai pada hari ini.

Ngomong-ngomong soal ulang tahun Bapak, Priska jadi ingat, dulu pas waktu masih SD, pernah nabung untuk beliin Bapak notes karena tahu Bapak suka nulis. Alasannya sangat sederhana ketika itu. Bapak memang sangat suka menulis, setiap kali ketemu dengan ide atau kata-kata menarik, Bapak akan menulisnya, “Biar ngga lupa,” begitu biasanya Bapak memberikan alasan. Tapi alasan biar tidak lupa ini membuat Bapak merangkai kata-kata itu di mana saja, mulai dari bungkus rokok, di pinggir koran, atau di buku tulis yang paling dekat. Alhasil rekam jejak tulisannya ada di mana-mana, dan dengan pikiran sederhana seorang anak SD maka Priska belikan notes itu. Semoga semua kata-katanya bisa tersimpan dengan baik di notes yang pas disaku kemeja itu.

Priska masih ingat gambar di notesnya ada gambar  perempuan yang menangkap hati di awan dan di samping perempuan ini ada sangkar tempat menyimpan hati-hati itu. Ada tulisannya juga di sampingnya, tapi Priska ngga ingat persisnya gimana. Sepertinya sesuatu yang berhubungan dengan cinta yang akan selalu disimpan dan dijaga. Hahahaha kalau diingat sekarang, itu notes kaya mau dikasih ke pacar ya padahal ke Bapak sendiri. Ya sesederhana itulah cara Priska mengucapkan selama ulang tahun, biar Bapak bisa terus menulis.

Merangkai kata-kata, kayanya ini yang paling menyatukan kita. Meski Priska baru benar-benar merasakan arsiran kesukaan kita terhadap dunia tulis menulis pada saat kuliah, tapi jauh sebelum itu Priska sudah merasakan betapa serunya menulis. Diam-diam Priska suka banget setiap kali Bapak minta untuk memindahkan tulisan tangan Bapak yang rapih itu ke ketikan komputer untuk dikirim ke majalah. Psssttttt….let me told you something, I did some changes that time. Iya saat ngetik dan ngerasa ada kata yang kurang enak, Priska ganti aja tanpa bilang ke Bapak hahahaha. Lalu lama-lama Priska terlatih untuk mengeditnya dengan kamus besar bahasa Indonesia. Kamus yang kita punya karena Raymonth dapat NEM tertinggi pas SMP.

Proses ini yang membuat Priska sadar kalau menulis itu adalah berbagi. Berbagi ide, berbagi cerita, berbagi emosi, dan berbagi jalan keluar. Bapak mengenalkan indahnya berbagi melalui kata-kata melalui “perintah” mengetik tulisan Bapak. Perintah yang kini menjadi energi kehidupan Priska. Perintah yang kemudian menyadarkan betapa menulis adalah legenda pribadi Priska. Mimpi yang harus diwujudkan demi menjadikan diri ini lebih bermakna.

Dan sampai sekarang Bapak masih menulis. Tapi medianya udah beda, sekarang Bapak menulis di Facebook 😀 Bapak makin gaul dan produktif. Karena Bapak rajin sekali menulis kata-kata bijak atau pemikiran di wall Bapak. Dan Bapak juga masih sering berbagi kata ke Priska, it always makes me smile. Meski Bapak cuman nulis, Lagi apa sonto? Priska tahu itu adalah cara Bapak mengekspresikan perhatian dan rasa sayang. Dan sampai sekarang kadang orang bertanya kepada kita memanggil satu sama lain dengan sonto, ya begitu memang cara kita berkomunikasi, santai tapi penuh perhatian.

Salah satu tulisan terbaru Bapak adalah tentang bagaimana pikiran membentuk kita menjadi apa. Bapak tulis, PIKIRANMU YANG MEMBENTUKMU dengan semua huruf kapital untuk mengirimkan energi positif itu ke Priska. Ini adalah komen Bapak di Facebook saat Priska membagikan salah satu rekaman status 2 tahun lalu, tentang bagaimana Bapak mengingatkan Priska akan kekuatan pikiran: If you created paradise in your mind, then you will drink in the beauty of the paradise. Bapak lagi-lagi mengenalkan Priska betapa kata-kata memang punya kekuatan dan membagikannya adalah salah satu cara membuat kekuatan itu selalu ada untuk dirasakan semua orang.

Ah sepertinya hubungan kita akur sekali ya. Perjalanan waktulah yang membuat hubungan kita seperti sekarang. Pertambahan usia membuat kita makin memahami satu sama lain. Meski dulu kita sering berbeda pendapat, tapi waktu juga yang membuat kita mengerti bagaimana membuat ikatan. Gen menulismu membuat ikatan antara kita berdua semakin kuat dan indah. Priska ingat bagaimana sumringahnya wajah Bapak saat memegang buku pertamaku. Tiba-tiba seluruh keluarga menyelamati karena kau menceritakan kepada mereka. Gaya Bapak menceritakan tentang anak-anak Bapak selalu santai dengan kadar kebanggaan yang pas. Ini mengajarkan kami, anak-anak Bapak untuk terus rendah hati.

Dan dengan segala kerendahan hati, aku, putrimu satu-satunya ini ingin mengucapkan terima kasih karena sudah menjadi sumber gen menulis yang luar biasa. Terima kasih karena sudah memercikan sedikit keras kepala yang membuat Priska terus semangat mewujudkan mimpi. Terima kasih untuk selalu mempertemukan Priska dengan keindahan kata-kata filosofis yang secara tidak langsung membuat Priska menciptakan jargon sendiri, bahwa hidup adalah perayaan.

Selamat merayakan hidup ‘da Among. Sehat terus dan panjang umur ya. Dan hari ini Priska tidak lagi memberikan notes, tapi melalui blog ini, semoga Bapak jadi tertarik untuk punya blog sendiri. Blog ini semacam diary online yang bisa menyimpan semua tulisan, foto, dan video kita. Jangan pernah berhenti menulis ya Pak, saya senang kok wall facebook dipenuhi dengan tulisan atau video youtube dari Bapak. Karena di era digital, Facebook menjadi media yang cukup efektif untuk memutus jarak geografis dan membuat kita seolah sedang di rumah, sama-sama menderngarkan lagu sambil diskusi tentang banyak hal.

Dengan penuh cinta, aku dan Daniel mengucapkan Happy Sweet 70th, ‘Pak. Tuhan menyayangi dan memberkati Bapak selalu. Makin menikmati hidup ya karena Bapak adalah Bapak terbaik yang Tuhan berikan untuk kami 😀

 

Advertisements

2 responses »

  1. Pingback: Doa Untuk Bapak | Flying so light to the sky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s