Jejak Pertama Legenda Pribadi

Standard

When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it – Paolo Coelho

 

Buat kalian yang pernah membaca Alkemis, Paolo Coelho, versi Indonesia pasti menangkap maksud saya dengan LEGENDA PRIBADI. Dia adalah energi yang selalu ada untuk membuat kita percaya bahwa hidup adalah mengenai pengenapan cita-cita, dan hari ini salah satu cita-cita hidup saya terwujud.

Ijinkan saya berbagi berita bahagia ini dengan segala kerendahan hati yang diberikan Sang Peramu Legenda Hidup. Buku pertama saya akhirnya resmi beredar di pasaran. Editor buku saya bilang, per 27 Maret, di seluruh toko buku Gramedia akan bisa menemukan buku yang berjudul KEAJAIBAN ANTIOKSIDAN karya PRISKA SIAGIAN 😀

Dan hari ini adalah salah satu hari terindah yang saya rayakan, bukunya sampai ke rumah tanpa ada kode-kode dari editor buku saya Mba Sasti. Maka ketika mama saya menelepon dengan antusias, saya tersenyum sumringah dan bersyukur luar biasa. Benar-benar berita gembira di siang hari yang teriknya luar biasa.

Saat sampai di rumah, saya melihat mama saya membaca khusyuk buku bersampul biru cerah itu. Saya masih tidak percaya kalau itu buku yang saya tulis sekitar 2 tahun yang lalu. Iya prosesnya teramat panjang, tapi perjalanan yang menyenangkan dan membuat saya kecanduan. Maklum saja tawaran penerbitan buku ini sebenarnya dari seorang teman blogger yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya yang lama. Nung namanya, dia nyangkut ke blog saya karena kita sama-sama menghadapi diagnosa Sindrom Ovarium Polikistik. Akhirnya berkenalan dan chat di YM untuk saling menyemangati sambil bertukar informasi.

Komunikasi ini membuat kami saling ‘mengintip’ blog masing-masing, hingga kemudian Nung menawarkan saya untuk membuatkan buku kesehatan dengan gaya penyampaian yang santai. Alasannya sederhana, karena dia suka gaya bercerita saya hahaha, pujian yang luar biasa. Saya percaya Nung adalah ‘pintu’ pertama saya untuk menghidupi legenda pribadi saya, menjadi seorang penulis. Maka dengan khusyuk dan energi yang menyala-nyala saya menuliskan buku bertema kesehatan pertama saya.

Kenapa memilih tema kesehatan? Karena saya adalah wartawan yang dibesarkan dan dibuat jatuh cinta dengan isu ini. Isu yang menurut saya bebas dari kepentingan politik yang begitu tegas terasa di koran, tempat saya pertama bekerja. Setiap kali liputan, saya selalu menemukan ilmu baru, proses belajar yang membuat saya percaya bahwa tubuh adalah sebuah satu kesatuan organ yang bekerja dengan rumus keseimbangan. Buku ini juga sebagai penanda saya sebagai wartawan yang memilih isu kesehatan, sebagai spesialisasi saya diantara begitu banyak jenis wartawan di muka media massa Indonesia.

Lalu mengapa membahas tentang antioksidan, bukankah ini isu yang berat? Alasannya sederhana, Sang Perancang Hidup telah begitu sempurna menyiptakan mekanisme tubuh untuk melawan penyakit dengan bonus membuat awet muda. Iya, awet muda itu kan isu kesehatan yang seksi untuk dijual. Tapi saya tidak menyarankan awet muda melalui jalur suntik menyuntik, saya tawarkan ide menabung antioksidan agar saat sel-sel tubuh melambat bunga atau deposito antioksidan itu bisa kita cairkan. Sebuah konsep untuk melawan penuaan dengan perspektif menghargai tubuh.

Hal lain yang juga membuat saya memilih topik tentang antioksidan adalah karena isu ini akrab dengan perempuan. Yup saya mencintai dunia perempuan, termasuk kesehatan perempuan. Berharap akan banyak perempuan-perempuan yang tidak memilih suntik botox atau kolagen dengan cara makan sehat sejak dini. Buah dan sayur adalah sumber antioksidan yang bagus, jadi buat apa menyerah di bawah suntikan yang menyeramkan kalau bisa hanya dengan mengunyah makanan hihihihi.

Alhasil naskahnya pun rampung saya buat dan saya serahkan kepada Nung. Tapi ternyata penerbitan tempat Nung bekerja ketika itu, membatasi penerbitan bukunya. Saya tiba-tiba teringat dengan tokoh di buku Alkemis, Santiago, yang tidak mudah menuju tempat Legenda Pribadinya. Yup saya semakin tertantang, apapun yang terjadi naskah ini harus terbit. Mudah-mudahan saya tidak terlalu sombong untuk mewujudkannya, begitu niat saya dalam hati.

Maka saya memberanikan diri menawarkannya ke Gramedia Pustaka Utama (GPU). Respon GPU sangat cepat dan positif, saya nyaris tidak percaya.  Mba Sasti hanya meminta saya menambahkan materi mengenai menu harian untuk memaksimalkan asupan antioksidan dan bagaimana dengan antioksidan buatan. Materi ini saya lengkapi juga dengan kaitan antioksidan dengan aktivitas fisik alias olahraga.

Begitu naskah rampung saya pun diberi jadwal untuk pemprosesan. Tapi ternyata prosesnya tidak terlalu mudah untuk penulis pemula, karena saya harus rela antrean saya ‘disalib’ karena ada penulis yang harus didahulukan. Proses menunggu ini cukup panjang, kurang lebih 1 tahun. Saya sempat patah semangat dan berpikir untuk menariknya, tapi saya tidak terbiasa menyerah di tengah jalan.

Inilah energi yang membuat saya percaya hidup adalah mengenai pengenapan cita-cita dan harapan. Ini adalah cara saya merayakan hidup dengan kepercayaan mengartikulasikan cita-cita sebagai tarikan napas realita. Saya percaya cara perayaan hidup ini akan merendahkan hati saya bahwa Sang Pemilik Hidup begitu mencintai saya untuk melalui keindahan setiap realita. Karena realita bukanlah embun mimpi yang terhapus akibat terik matahari yang memandang sinis, tapi realita adalah keseimbangan energi untuk menapaki tantangan sebagai cara untuk merangkum elemen menjadi ada pada entitas yang bebas. With this free will, like the great quote for the Alchemist,  I do ask the universe to conspires in helping me to achieve it.

Jadi per 27 Maret 2012, beli buku saya ya di toko-toko buku, terutama Gramedia 😀

Dan di malam yang begitu bahagia ini saya memberikan ciuman termanis untuk kalian semua…God love you all 😀

7 responses »

  1. ahh iya, aku sudah lihat di rubrik ‘picks’ majalah Prevention bulan ini kak. Selamat ya kak.. Jadi penasaran pengen baca 🙂 beli ahhh 😀 btw, aku suka gaya menulis kakak.. tidak terburu-buru, punya etika dan membuatku selalu ingin membaca dari awal hingga habis… keren lah pokoke 🙂

  2. Hai kamu cewe manis 😀 Aku dipuji berkali-kali, terima kasih banyak *merona* Maklum aku orang yang suka cerita jadi kalau udah ngoceh, baik lisan maupun tulisan, kaga bisa berenti (baca: cerewet) hihihihihih. You read Prevention Indonesia ya? Great! Thank you for reading it ;D

  3. haloha.. kak, udah gua beli buku kakak 😀 dapetnya di gramedia balikpapan euy 😀 lg dlm proses membaca 😀 thanks ya. very nice to meet you 🙂

  4. Oh iya, mau ngasih testimoni kak: aku baca prevention indonesia, isinya selalu bagus dan saya nggak ‘beli iklan’ (seperti majalah2 lain, isinya kebanyakan iklan) kalau baca prevention ini. So far so good, semoga prevention bisa mempertahakankan kualitasnya! Btw, baru ngeh ternyata “We Will Survive” itu tulisan kakak ya 😀 keren ah.

  5. Makasih sudah membeli, selamat menikmati…semoga bisa memotivasi untuk hidup sehat 😀

    Iya, aku yang nulis We Will Survive. Aku yang beruntung karena bisa ketemu mereka yang masih punya semangat luar biasa untuk menikmati hidup meski harus kemoterapi atau radiasi. Proses pengobatan yang panjang dan menyakitkan, tapi mereka masih sangat optimis, bahkan 2 diantaranya masih aktif bekerja di kantor. They are the living example of how wonderful life celebration is.

Leave a Reply

