Kutipan Orgasme Malam Hari

Standard

Saat sedang mengerjakan proyek sampingan berupa transkrip wawancara para seniman-seniman teater hebat, saya bertemu dengan kutipan yang satu ini:

Mereka tidak memperhitungkan kesenian sebagai salah satu referensi untuk menjelaskan kenyataan. Karena masyarakat kita sekarang terlalu dikepung dengan media, majalah, televisi, radio, facebook, twitter, internet, dan semuanya…Asu! Saya pengen, kesenian itu sebagai salah satu medium referensi untuk menjelaskan kesenian. Kalau tidak puas dengan kenyataan dari media, datanglah ke pertunjukkan saya maka akan menemukan penjelasan yang berbeda mengenai kenyataan. That’s it

Hahahaha…asu…kutipan ini membuat saya ingin melumat dia hidup-hidup. Maklum, saya punya kecenderungan jatuh hati pada orang-orang ekstrim seperti ini. Siapa yang mengucapkan ini, lebih baik saya tidak memberitahunya sekarang karena ini sebenarnya petikan wawancara untuk disertasi teman saya di Jerman mengenai bagaimana teater kontemporer di Indonesia bisa membangun masyarakat sipil. Saya beruntung untuk mendengarkan beberapa wawancara luar biasa yang dilakukan kepada beberapa seniman teater yang cara berpikirnya bikin saya klepek-klepek.

Clue-nya, seniman teater ini juga sebenarnya sastrawan yang juga esais bernada satir. Penasaran? Begini saja, saya janji akan menulis esai lengkap tentang dia. Janji pramuka pokoknya πŸ˜€ Jadi melalui kutipan orgasme malam hari ini, mari kita mulai menjadikan kesenian referensi untuk menjelaskan kenyataan, karena dengan demikian para seniman melakukan tugasnya sebagai pecipta khasanah simbolik. Dan ketika dunia kita punya khasanah simbolik yang kaya maka publik akan semakin kaya pemaknaannya yang kemudian akan membuat kita semakin kaya memaknai kenyataan.

Iya ini postingan singkat yang aroma katarsisnya terasa sampai ubun-ubun, who care! Karena kata-kata itu benar-benar membuat saya euforia dalam level orgasme kutipan πŸ˜€

2 responses »

Leave a Reply

