Merasa Asing

Standard


Setiap orang berubah, saya percaya itu.

Bahkan dulu, ayah saya sering sekali mengucapkan dan menuliskannya di secarik kertas. Semua hal berubah, kecuali hukum perubahan. Sewaktu SMP, kata-kata itu saya anggap sebagai kata-kata pengulangan yang menarik untuk diucapkan. Saya belum berpikir filosofis, tapi saya sudah mulai percaya bahwa kata-kata itu mengajarkan saya akan tak ada yang abadi di dunia ini.

Dan setelah sekian lama menjalani perubahan serta bertemu dengan perubahan orang lain, satu yang saya sadari, perubahan selalu menawarkan rasa asing yang sama. Rasa tak mengenal, kaget, terpojok, hingga ingin segera melalui perubahaan itu.

Kemarin, saya mengalaminya. Setelah 13 tahun tak bertemu, saya hanya merasa nyambung dengan teman-teman ketika sesi ceng-cengan di mulai. Hanya dibagian itu saya tak merasa asing, kaget, atau bahkan terpojok. Walhasil, saya lebih banyak diam. Iya, diam. Bayangkan orang sejerewet saya bisa lebih banyak diam šŸ˜€

Saya pun bercerita dengan Nida, apakah saya yang terlalu berlebihan merasa aneh atau memang topik pembicaraanya tak bersentuhan dengan gelombang energi saya. Di sisi lain, saya merasa takut berpikir gelombang energi saya tak bersinggungan. Karena jika diantara 4 orang yang bertemu, hanya saya yang merasa tak nyambung, berarti masalah koneksi ada di saya kan? Trus Nida bilang, “Cobalah untuk ‘bermain’ dengan cerita mereka sekali-kali. Lumayan buat refreshing.”

Tapi masalahnya, merasa asing itu ngga enak banget. Merasa apakah kita harus menggadaikan jati diri demi sebuah kenangan masa lalu atau bertahan pada posisi yang sekarang dan merasa tak diterima seperti dulu. Walaupun sebenarnya saya bisa membuatnya lebih sederhana, yaitu dengan menyakini bahwa semuanya berubah kecuali hukum perubahan…

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s