Menantang Diri

Standard

Saya sangat menyadari kalau saya ini keras kepala, sangat keras kepala bahkan. Kalau tidak percaya, tanya saja pacar saya yang sudah berpengalaman membujuk rayu kalau saya sedang marah. Ngga cukup sejam atau dua jam merayunya, karena pacar saya sudah pernah menjajali merayu saya tidak henti sampai sehari semalam.

Ini bukan prestasi memang, saya sadar itu. Lagian mana ada perlombaan siapa yang paling bebal otaknya. Kalaupun ada, saya tidak akan mendaftarkan diri karena apa hebatnya jadi orang yang keras kepala.

Tapi setelah saya telisik-telisik, kebebalan seseorang itu lahir karena dia punya rasa penasaran yang besar. Dan dia tidak akan berhenti menantang dirinya untuk berada pada ranah penasaran kalau pihak seberang belum merasa harus mengalah. Yah ini bahasa lain dari orang keras kepala tidak mau disalahin sebenarnya. Itu kenapa dia akan menunggu sampai tahun kuda kalau perlu, agar pihak yang dihadapinya dengan “sukarela” mengalah.

Beberapa waktu lalu, saya memberanikan diri untuk menantang sekitar saya. Tapi saya gagal. Saya mengalah. Ya tidak 100 persen mengalahlah karena sekitar saya juga melunakkan persepsinya. Mereka mundur satu langkah dan saya melakukan hal yang sama. Sejauh ini sih, diri saya masih bisa menyesuaikan win-win solution yang ditawarkan tapi entah kenapa saya masih merasa harus menggenapi tantangan tersebut. Tantangan yang membuat sekitar saya kepanasan. Apa emang sudah waktunya saya bermetamorfosis kembali? Atau kempompong yang sekarang cukup tebal untuk diterobos?

Ah entahlah, saya hanya perlu menelisik kata hati saya. Apa yang sebenarnya saya butuhkan dengan tingkat kedewasaan yang semakin menua. Mudah-mudahan ada titik terangnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s